Tulisan Bergambar

SUARA GEnerasi Muda PAngudi Luhur

Senin, 19 November 2012

UJIAN .... Siapa Takut???




  BELAJAR, belajar, dan  belajar .... ??????????
              a.  Pengertian Belajar
Belajar adalah kegiatan yang dilakukan secara sadar supaya mengetahui/dapat melakukan sesuatu.
Hasil kegiatan belajar adalah perubahan diri :
a. dari tidak tahu menjadi tahu
b. dari tidak dapat melakukan menjadi dapat melakukan
c. dari tidak mampu melakukan menjadi mampu melakukan
                       Perubahan tersebut timbul karena ada pengalaman dan latihan
  b. Prinsip-prinsip Belajar
a.       Belajar perlu motivasi
Motivasi :  -     dari dalam
-          dari luar
b.      Belajar perlu konsentrasi
c.       Belajar perlu pemahaman, langkah yang perlu ditempuh dengan :
                                                        i.      menanyakan hal-hal yang dipelajari kepada diri sendiri/orang lain
                                                      ii.      membuat ringkasan/peta konsep
                                                    iii.      menghubungkan hal-hal yang dipelajari dengan hal-hal yang lebih besar/secara keseluruhan                       
                                                    iv.      menelaah hal-hal yang dipelajari dari berbagai segi
                                                      v.      menyusun singkatan
                                                    vi.      jangan mudah puas, perlu dibaca berulang-ulang
d.      Meyakini bahwa semua mata pelajaran sangat penting dan berguna di masa yang  akan datang                    
e.       Perlu waktu untuk rileks/istirahat
f.       Hasil belajar yang diperoleh dapat digunakan untuk mempelajari hal-hal lain
g.       Menghindarkan hambatan-hambatan belajar :
                                                        i.      takut, benci, marah, kesal
                                                      ii.      menunda-nunda waktu belajar/mengerjakan tugas
h.      Peserta didik membuat target KKM stiap mata pelajaran yang akan dicapai

c.  Cara Belajar
Belajar di sekolah
    1)  mengetahui semua mata pelajaran yang akan ditempuh
    2)  bersikap terbuka
    3)  menyiapkan alat-alat pelajaran sebelumnya
    4)  penuh minat dan perhatian dalam menerima pelajaran
    5)  bersikap kritis dan aktif, mau berjuang serta jujur
    6)  mempunyai dorongan dan semangat untuk maju
    7)  selalu berusaha untuk mendapatkan nilai setinggi-tingginya
    8)  jangan malu/takut bertanya baik kepada guru maupun teman yang telah lebih   dahulu  paham
    9)  membantu teman yang mengalami kesulitan, sekaligus untuk belajar mengingat

                   Belajar di rumah
                          Belajar dibagi atas 2 bagian :
            1) mengulangi pelajarn yang baru saja diterima di sekolah :
- memperjelas dan melengkapi cacatan
mengerjakan tugas/PR
2) mempersiapkan bahan pelajaran yang akan dipelajari esok hari dan menyiapkan segala  perlengkapan

                  Belajar di perpustakaan
Peserta didik daapt melengkapi, memperjelas, memperkaya ilmu-ilmu pengetahuan dan memperluas wawasan.
            Setiap peserta didik wajib menjadi anggota perpustakaan.

d. Proses Evaluasi
Tujuannya untuk mengukur daya serap individu maupun kelas terhadap materi yang telah disampaikan.
a.  Ulangan Harian akan diberikan kepada kelas yang telah menyelesaikan standar kompetensi dan kompetensi dasar tertentu, diberikan secara terjadwal.
Apabila dari evaluasi yang disampaikan peserta didik belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), maka peserta didik akan diberikan kesempatan untuk melakukan remidial 1 kali. Hasil maksimal dari remidial adalah sama dengan KKM.
Rata-rata Ulangan Harian dengan bobot 2 (yang diperoleh dari rumus RNH = 2A+B)
                                                                                                                  3
                                Keterangan :    A  =  ulangan harian
                                                       B  =  tugas
b. Ulangan Tengah Semester dengan bobot 1 (diberi kesempatan 1 kali remidial,  dengan catatan proses kegiatan belajar mengajar diikuti dengan maksimal)
                           c. Ulangan Akhir Semester dengan bobot 1
                       
e. Pelajaran Tambahan
a.  Dimaksudkan sebagai kegiatan pendampingan khusus bagi mereka yang membutuhkan atau dipandang perlu pendampingan/tambahan pelajaran.
b.   Tambahan pelajaran wajib bagi kelas XII dengan materi mengacu pada Ujian Nasional, yang terlebih dahulu dengan proses pemetaaan sesuai tingkat kemampuannya. eknis dan jadwal akan diatur kemudian).

f. Latihan Membuat Jadwal Kegiatan Harian
           a. Tuliskan kebiasaan yang anda lakukan setiap hari mulai bangun tidur sampai dengan   malam hari.
           b. Hitunglah berapa lama waktu yang anda gunakan untuk belajar :
                1) di sekolah/bersama-sama teman
                2) di rumah atau belajar mandiri
  c.  Dengan target prestasi yang ingin anda capai, buatlah jadwal harian.
      Cobalah untuk menjadwalkan secara khusus waktu/jam belajar mandiri.
            
MACAM-MACAM UJIAN

UJIAN TERTULIS

1. UJIAN SEKOLAH
MATA PELAJARAN   yang diujikan :
Program IPA : Pendidikan Agama, PKn, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris,Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Sejarah,  Penjasorkes, TIK, Bahasa Mandarin, Bahasa Sunda

Program IPS : Pendidikan Agama, PKn, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris,Matematika, Sejarah, Geografi, Ekonomi, Sosiologi, Penjasorkes, Bahasa Mandarin, Bahasa Sunda

2.      UJIAN PRAKTEK
PROGRAM IPA Pendidikan Agama, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Fisika, Kimia, Biologi, Penjasorkes, TIK, Bahasa Mandarin, Seni Budaya             
           
PROGRAM IPS Pendidikan Agama, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Penjasorkes, TIK, Bahasa Mandarin, Seni Budaya

3.      UJIAN NASIONAL
        MATA PELAJARAN yang diujikan :
Program IPA : Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Fisika, Kimia,                                        dan Biologi

Program IPS :  Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Ekonomi,           Sosiologi, dan Geografi  


 KRITERIA KELULUSAN

        Mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No. 59 tahun 2011 dan Prosedur Operasi Standar (POS) Ujian Nasional SMA Tahun Pelajaran 2011/2012, yaitu peserta didik :
1.      menyelesaikan seluruh program pembelajaran (memiliki rapor semester 1 s/d 6)
2.      memperoleh nilai minimal baik pada penilaian akhir untuk seluruh mata pelajaran
3.      lulus US untuk kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi (berdasarkan nilai US)
ket. : Nilai Sekolah ( Nilai S ) : nilai gabungan antara nilai ujian sekolah ( US ) dan nilai rata-rata rapor semester 3, 4, dan 5 dengan pembobotan 60% untuk nilai US dan 40% untuk nilai rata-rata rapor
4.      lulus UN (berdasarkan NA)
ket. : Nilai Akhir ( NA ) : nilai gabungan antara nilai S dari setiap mata pelajaran yang diujinasionalkan dengan nilai UN dengan pembobotan 40% untuk nilai S dari mata pelajaran yang diujinasionalkan dan 60% untuk nilai UN
                                                                 i.      Skala nilai rapor dan nilai akhir adalah nol sampai sepuluh (0 – 10)
                                                               ii.      Pembulatan nilai S dalam bentuk dua decimal, bila decimal ketiga sama atau lebih besar 5 dibulatkan ke atas
                                                             iii.      Pembulatan NA dalam satu decimal, bila decimal kedua sama atau lebih besar 5 dibulatkan ke atas
5.     peserta didik dinyatakan lulus UN bila nilai rata-rata dari semua NA mencapai paling rendah 5,5 (lima koma lima) dan nilai setiap mata pelajaran paling rendah 4,0 (empat koma nol), serta kelulusan dari satuan pendidikan dirapatkan Dewan Guru dengan memperhatikan nilai akhlak mulia
6.      kelulusan ditetapkan oleh setiap satuan pendidikan melalui rapat dewan guru berdasarkan kriteria kelulusan
7.      TIDAK ADA UN ULANGAN

                            ILUSTRASI PENGHITUNGAN NILAI UJIAN NASIONAL
Nilai Rata-rata Rapor Semester 3,4 dan 5
Nilai Ujian Sekolah (US)
Nilai Sekolah (NS)
P
Q
0,4 P  +  0,6 Q = X
Nilai Sekolah (NS)
Nilai Ujian Nasional (UN)
Nilai Akhir (NA)
X
Y
0,4 X  +  0,6 Y = NA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar